Strategi Pemasaran
Perbedaan pengertian antara istilah
strategi, tujuan dan taktik adalah :
·
Tujuan :
Tujuan perusahaan adalah
memberikan kepuasan kepada pembeli dan masyarakat yang lain dalam pertukarannya
untuk mendapatkan sejumlah laba, atau perbandingan antara penghasilan dan biaya
yang menguntungkan.
·
Strategi :
Strategi adalah suatu rencana yang diutamakan untuk
mencapai tujuan perusahaan. Beberapa perusahaan mungkin mempunyai tujuan yang
sama tetapi strategi yang dipakai untuk mencapai tujuan tersebut dapat berbeda.
Strategi dibuat berdasarkan suatu tujuan.
·
Taktik :
Taktik adalah tahap-tahap atau langkah-langkah tertentu
yang dipakai untuk melaksanakan strategi.Jika manajemen sudah merumuskan tujuan dan strateginya, maka ia berada
dalam posisi untuk menentukan taktik.
Ada
perbedaan yang paling mendasar antara taktik
dan strategi, yaitu :
-
Strategi
mempunyai ruang lingkup yang lebih luas dibandingkan dengan taktik
-
Strategi
pemasaran memerlukan keputusan dari manajemen tentang elemen-elemen marketing
mix perusahaan, sedangkan taktik merupakan program tertentu untuk jangka
pendek.
-
Strategi
bersifat permanen sehingga sulit dan memakan biaya besar jika diadakan
perubahan, sedangkan taktik dapat diubah dengan mudah.
Contoh :
Produsen obat tradisional (jamu), menggunakan:
Strategi untuk memenuhi keinginan masyarakat akan
obat yang berkhasiat tinggi.
Taktik berupa penawaran harga yang murah, dalah
jumlah pembelian tertentu akan mendapatkan kalender, dll
Pengembangan Strategi Pemasaran
Ada 5 konsep yang mendasari
suatu strategi pemasaran, yaitu :
·
Segmentasi pasar
Merupakan dasar untuk mengetahui bahwa setiap pasar itu
terdiri atas beberapa segmen yang berbeda-beda. Dalam setiap segmen terdapat
pembeli-pembeli yang mempunyai :
-
kebutuhan yang berbeda-beda
-
pola pembelian yang berbeda-beda
-
tanggapan
yang berbeda-beda terhadap berbagai macam penawaran
·
Penentuan Posisi Pasar
Perusahaan berusaha
memilih pola konsentrasi pasar khusus yang dapat memberikan kesempatan maksimum
untuk mencapai tujuan sebagai pelopor.Perusahaan baru dapat beroperasi setelah
memperoleh posisi tertentu di pasar.Untuk mencapai posisi yang kuat perusahaan
harus dapat memasuki segmen pasar yang menghasilkan penjualan serta tingkat
laba paling besar.
·
Strategi Memasuki Pasar
Adalah menentukan
bagaimana memasuki segmen pasar yang dituju. Perusahaan dapat menempuh beberapa
cara untuk memasuki segmen pasar yang dituju, yaitu :
-
membeli perusahaan lain
-
berkembang sendiri
-
mengadakan kerjasama dengan
perusahaan lain
masalah-masalah yang harus diperhatikan dalam memilih cara
memasuki pasar adalah :
1.
Membeli perusahaan lain
-
Perusahaan yang membeli tidak
banyak mengetahui tentang pasar dari perusahaan yang dibeli
- sangat menguntungkan untuk
memasuki pasar dari perusahaan yang dibeli secepatnya
- Berkembang Sendiri
-
Memperoleh hak patent
-
Skala produksi yang paling
ekonomis
-
Memperoleh saluran distribusi
-
Menentukan supplier yang paling
menguntungkan
-
Biaya promosi yang mahal
- Kerjasama dengan perusahaan lain
-
Resiko ditanggung bersama-sama,
jadi resiko masing-masing perusahaan menjadi berkurang
-
Perusahaan dapat saling
melengkapi atau menutupi kekurangan-kekurangan yang ada, karena mereka memiliki
keahlian dan sumber sendiri-sendiri.
·
Strategi Marketing Mix
Marketing Mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan
inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan
promosi dan sistem distribusi.Variabel-variabel marketing mix ini dapat dipakai sebagai dasar untuk
mengambil suatu strategi dalam usaha mendapatkan posisi yang kuat dipasar.
·
Strategi Penentuan Waktu
Perusahaan dapat
mengalami kegagalan dalam mencapai tujuan apabila bergerak terlalu cepat atau
terlalu lambat.Oleh karena itu masalah penentuan waktu yang tepat sangat penting
bagi perusahaan untuk melaksanakan program pemasarannya.
0 comments:
Post a Comment