Berikut ini adalah macam-macam permintaan :
1.
Permintaan Negatif
Semua atau sebagian terbesar daei segmen pasar potensial
yang penting tidak menyukai produk atau jasa yang ditawarkan, bahkan mereka
bersedia membayar untuk menghindarinya.Misalnya :
·
Gol. Orang yang mempunyai
permintaan negatif terhadap vasectomy
·
Gol. Orang
yang mempunyai permintaan negatif terhadap angkutan dengan bus (suka mabuk)
Tugas Manajer : mempositifkan
permintaan, caranya dengan lebih mengenalkan produk atau jasa melalui promosi.
2.
Tidak ada permintaan
Berarti orang itu tidak
berminat sama sekali terhadap penawaran suatu produk atau jasa. Penawaran yang
ada dalam “tidak ada permintaan” ini dapat digolongkan menjadi 3 kategori,
yaitu :
·
Barangnya
sudah dikenal tapi dianggap tidak mempunyai nilai
Misalnya : botol-botol kosong
yang ada di tong sampah, kaleng bekas, dll
Tugas manajer : mencoba menghubungkan produk atau jasa
tersebut dengan kebutuhan yang ada dipasar. Misalnya dengan menghubungkan
barang rongsokan tersebut dengan pembuatan barang seni.
·
Barangnya
sudah dikenal dan dianggap bernilai, tapi tidak mempunyai nilai untuk pasar
tertentu.
Misalnya : penawaran perahu
didaerah yang jauh dari perairan, penawaran mantel tebal didaerah yang tidak
pernah dingin
Tugas manajer : mencoba
mengubah lingkungan agar barang yang ditawarkan menjadi bernilai. Misalnya : membuat danau rekreasi untuk menciptakan permintaan
terhadap perahu.
· Barangnya
baru ditemukan dan menghadapi keadaan “tidak ada permintaan” karena pasarnya
tidak mengetahui tentang adanya barang-barang tersebut.
Misalnya : barang-barang perhiasan
(biasanya orang baru akan membeli apabila barang tersebut ditunjukkan.
Tugas manajer : menyebarkan
informasi tentang suatu barang yang baru ditemukan ke pasar, agar orang-orang
tahu dan tertarik membelinya.
3.
Permintaan Latent
Bilamana sebagian besar orang –orang mempunyai kebutuhan
yang kuat akan sesuatu yang tidak ada dalam bentuk barang atau jasa yang
nyata.Permintaan ini memberikan kesempatan pada manajer untuk mengembangkan
produk atau jasa yang dibutuhkan oleh orang-orang.
Contoh :
·
banyak perokok yang menghendaki
rokok-rokok kesayangannya itu tidak mengandung nicotine.
·
Banyak
orang yang menginginkan punya mobil yang lebih tahan lama dan lebih aman dari
mobil yang ada sekarang
Tugas Manajer : mengembangkan
produk atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen.
4.
Permintaan Menurun
Suatu keadaan dimana permintaan untuk suatu produk atau
jasa itu semakin berkurang dari tingkat sebelumnya, dan diperkirakan akan
menurun terus jika tidak dilakukan usaha-usaha untuk memperbaiki pasar yang
dituju, penawaran dan usaha-usaha pemasaran.
Tugas Manajer : meningkatkan
permintaan / mengembangkan permintaan agar tidak menjadi permintan latent.
5.
Permintaan tidak teratur
Suatu keadaan dimana pola
permintaan pada saat-saat tertentu dipengaruhi oleh fluktuasi musim atau
hal-hal lain
Misal : hotel di daerah wisata
akan mengalami masa-masa penuh pada musim liburan dan masa sepi diluar musim
liburan
Tugas manajer : Mengubah pola
permintaan, misal : memberikan harga murah pada masa sepi, dan mengenakan harga
yang tinggi pada masa-masa rapai.
6.
Permintaan Penuh
Suatu keadaan dimana tingkat dan saat permintaan yang
sekarang sama dengan tingkat dan saat permintaan yang diharapkan
Tugas manajer : mempertahanlan permintaan, misalnya :
dengan mempertahankan tingkat efisiensi pemasaran dengan cara mempertahankan
harga jual, mengendalikan biaya, tetap mengadakan promosi.
7.
Permintaan Berkelebihan
Suatu keadaan dimana permintaan lebih besar dari penawarannya
Tugas manajer : mengurangi permintaan, misalnya dengan
menaikkan harga, mengurangi kegiatan promosi.
8.
Permintaan tidak sehat
Suatu jenis produk atau jasa yang permintaannya dinilai
kurang baik dari segi kesejahteraan konsumen, kemakmuran masyarakat atau
penyedia.
Misalnya : permintaan akan
produk-produk seperti rokok, ganja, obat-obatan tertentu yang berbahaya.
0 comments:
Post a Comment