Analisa Kesempatan Pasar
Analisa ini sangat penting dilaksanakan sebelum
perusahaan menentukan tujuannya. Selain dengan melihat kesempatan yang ada,
perusahaann biasanya dapat memulai usahanya karena sudah tersedia sumber-sumber
didalam perusahaan. Kesempatan yang ada dapat dibedakan
kedalam :
·
Kesempatan Lingkungan
Kesempatan ini akan muncul dalam setiap perekonomian
bilamana masih terdapat kebutuhan yang belum terpenuhi. Kesempatan ini dianggap
sangat baik atau menguntungkan kalau perusahaan bisa mengisi kebutuhan yang
belum terpenuhi tersebut.
Contoh :
Perusahaan listrik mempunyai kesempatan yang baik untuk
mengembangkan sumber-sumber energi baru (sinar matahari, dll).
·
Kesempatan Perusahaan
Merupakan kesempatan yang dapat dinikmati oleh suatu
perusahaan bilamana memiliki keunggulan-keunggulan dari para pesaingnya.
Keunggulan-keunggulan tersebut antara lain :
-
Dapat menekan biaya lebih
rendah
-
Dapat menentukan harga lebih
rendah
-
Mampu
menggunakan beberapa alternatif saluran distribusi
-
Mampu
melakukan usaha promosi yang lebih aktif.
Kesempatan perusahaan ini
muncul dalam suatu kondisi persaingan. Suatu perusahaan akan mencapai sukses
bila memiliki kesempatan perusahaan dan kesempatan lingkungan disaat yang
bersamaan.
Perencanaan Pemasaran
Perencanaan sangat diperlukan untuk mengikuti
perkembangan dimasa mendatang. Tanpa perencanaan, sebuah organisasi kemungkinan
akan mengambil cara-cara yang ekstrim untuk menghindari kerugian atau untuk
mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Perencanaan
dapat mencakup suatu periode waktu yang panjang atau periode waktu yang pendek.
Perencanaan jangka panjang (untuk 3,
5, 10 atau bahkan 25 tahun) biasanya melibatkan peranan dari top manajemen
maupun staf perencanaan khusus. Masalah yang dihadapi sangat luas, seperti perluasan pabrik, pasar, atau
produk.
Perencanaan jangka pendek, periode
waktunya relatif pendek, yaitu satu tahun atau kurang . biasanya perencanaan
ini dilakukan oleh pelaksana bawah dan menengah.Masalah yang dimasukkan dalam
perencanaan ini adalah kampanye periklanan untuk periode yang akan datang,
pembelian pada musim yang akan datang, dll.
Tiga macam konsep
perencanaan, yaitu :
·
Perencanaan perusahaan secara
keseluruhan
·
Perencanaan pemasaran
·
Rencana Pemasaran Tahunan
0 comments:
Post a Comment