PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMASARAN
Pengambilan keputusan yang
dilakukan oleh manajer pemasaran akan selalu berada dalam suatu lingkungan yang
kompleks dan penuh dengan ketidak pastian. Keputusn yang diambil terutama
menyangkut masalah :
a.
Penetapan harga
b.
Produk
c.
Distribusi
d.
Promosi
Pengambilan keputusan tersebut
tidak terlepas dari pengaruh faktor-faktor lingkungan ekstern seperti :
demografi, kondisi perekonomian, kebudayaan, persaingan dan sebagainya. Semua
ini berada diluar pengawasan manajer.
1.
Analisa Tradisional
Keputusan-keputusan yang rasional
menghendaki adanya proses keputusan yang selaras dan logis. Metode analisa
tradisional dapat membantu sebagai pendekatannya. Metode analisa tradisional terdiri atas lima tahap, yaitu :
1.
Mendefinisikan masalah
Manajer
yang baik harus mempunyai kemampuan untuk mengidentifikasikan masalah dan
kesempatan lebih awal.Agar
analisa yang dilakukan dapat lebih efektif maka manajer harus memiliki arah
yang benar.
2.
Merumuskan berbagai
alternatif
Manajer
harus menentukan berbagai alternatif penyelesaian terhadap masalah yang
dihadapi.Salah satu alternatif yang hampir selalu ada yaitu tidak melakukan
apa-apa.Ini merupakan
alternatif yang sulit diukur atau dibandingkan dengan alternatif lainnya.
3.
Menganalisa Alternatif
Faktor-faktor yang diperlukan unuk menilai
alternatif harus dikumpulkan dan diatur rapi. Beberapa faktor mungkin tidak
dapat diperoleh dan faktor lainnya mungkin akan tidak berguna karena terlalu
mahal. Dengan suatu analisa manajer diarahkan untuk mengambil kesimpulan yang
disertai dengan pernyataan untuk menentukan kebaikan maupun keburukannya.
4.
Mengusulkan suatu
penyelesaian
Setelah
melampaui tahapan tadi maka manajer dapat menyarankan suatu penyelesaian yang
logis.
5.
Menyarankan rencana
tindakan
Pada
waktu mengambil keputusan, suatu rencana tindakan untuk melaksanakan keputusan
tersebut harus ditentukan.Rencana
tindakan ini mungkin dapat menemukan beberapa faktor penting yang belum
dimasukkan didalam analisa.
2.
Menggunakan Marketing Mix untuk Pengambilan
Keputusan
Pengambilan keputusan di bidang pemasaran
selalu berkaitan dengan varibel-variabel marketing mix.
1.
Pengenalan
faktor pasar dalam marketing mix
Tekanan
utama dari marketing mix adalah pasar karena pada akhirnya produk yang
ditawarkan oleh perusahaan diarahkan kesana.
2.
Hubungan
antara keputusan tentang harga, promosi dan distribusi dengan variabel-variabel
tentang produk
Produk tersebut membawa pengaruh penting terhadap
keputusan-keputusan mengenai harga, promosi dan distribusi, karena terikat pada
harga produksi, peralatan dan proses pembuatannya, juga dalam hal promosi yang
tergantung pada manfaat dan segi penawarannya.
3.
Pengaruh usaha Perusahaan
dan saingan terhadap volume penjualan
Semakin
besar usaha-usaha yang dikeluarkan dalam marketing mix untuk penawaran yang
ada, akan semakin besar pula penjualannya. Bagaimanapun, persentase yang lebih
besar dari penjualan total perusahaan akan bertambah dengan adanya usaha
marketing mix yang lebih besar.
4.
Efektivitas
Marketing Mix Perusahan dalam hubungannya dengan volume penjualan
Seberapa jauh efektivitas pengeluaran yang
dilakukan oleh perusahaan terhadap volume penjualannya.
5.
Marketing
Mix untuk beberapa jenis produk (dan Jasa)
Marketing mix yang diterapkan pada setiap jenis
produk adalah berbeda. Volume penjualan dan laba dapat dimaksimumkan jika
marketing mixnya sesuai dengan penawaran perusahaan.
3.
Sebuah model untuk mengambil keputusan
Ada beberapa faktor yang harus
dipertimbangkan untuk mengambil keputusan secara efektif tentang produk. Faktor-faktor
tersebut merupakan bagian atau elemen yang ada dalam sebuah model untuk
mengambil keputusan tentang produk.
Elemen yang dimaksud adalah :
1.
Analisa pasar
Pengambilan keputusan tentang produk diawali dengan menganalisa pasarnya.
Analisa pasar ini membuka kesempatan untuk memperkenalkan produk baru yang
menguntungkan
2.
Memonitor lingkungan
Dengan
sumber-sumber yang terbatas dan terpengaruh oleh faktor-faktor lingkungan,
perusahaan harus berusaha memanfaatkan secara penuh kesempatan yang ada.Faktor-faktor lingkungan yang dimaksud
adalah faktor lingkungan ekstern seperti : Demografi, kondisi perekonomian,
sosial dan kebudayaan, politik dan hukum, teknologi dan persaingan
3.
Menentukan tujuan produk
Tahap ini berupa menentukan tujuan khusus setiap penawaran. Umumnya tujuan ini dikaitkan dengan
masalah-masalah seperti :
·
Pengembangan investasi
·
Laba
·
Market share atau volume
penjualan.
4.
Menentukan Marketing mix
5.
Penerapan
keputusan-keputusan Marketing Mix
Keputusan
tersebut dapat dilaksanakan dengan menentukan : Apa, siapa, mengapa, bagaimana,
Kapan, dimana.
6.
Mengadakan Prosedur
Pengawasan
Sistem pengawasan perlu diadakan dalam manajemen produk dan merupakan tahap
terakhir. Tahap tersebut adalah :
·
Memilih kriteria pengawasan
·
Pengukuran kriteria
·
Penentuan standard kerja
·
Memonitor kejadian
·
Membandingkan hasil dengan
standard
0 comments:
Post a Comment