Merumuskan Rencana Pemasaran
Jika
manajer sudah menetapkan untuk mencapai suatu tingkat penjualan tertentu,
kemudian perlu dibuat keputusan-keputusan dibidang pemasaran, produksi,
keuangan dan personalia. Yang menjadi pertimbangan
dalam merumuskan rencana pemasaran adalah :
·
Target Penjualan
Target penjualan ini
ditetapkan berdasarkan analisa berbagai macam kemungkinan strategi pemasaran
yang menguntungkan.
·
Anggaran Pemasaran
Biasanya anggaran yang
menyeluruh ini ditetapkan berdasarkan suatu persentase
(%) dari target penjualan. Sebagai contoh : pabrik pupuk akan menetapkan
anggaran pemasaran sebesar 15% dari penjualan. Kalau
perusahaan ingin meningkatkan market share nya, maka persentase tersebut juga
harus ditingkatkan.
·
Alokasi Marketing Mix
Perusahaan harus menetapkan bagaimana mengalokasikan
anggaran pemasaran untuk suatu produk ke berbagai alat pemasaran seperti
periklanan, promosi penjualan, dan personal selling.
·
Penetapan harga
Penetapan harga merupakan satu elemen yang menghasilkan
laba di dalam rencana pemasaran.Perusahaan harus menetapkan harga dan daftar
harga sebelum diberikan potongan.Selain itu juga harus mempertimbangkan faktor permintaan, biaya dan
persaingan dalam menetapkan harga yang direncanakan.
·
Alokasi anggaran pemasaran pada produk
Kebanyakan perusahaan tidak hanya menghasilkan satu
macam produk saja, tetapi beberapa macam. Beberapa faktor yang harus
dipertimbangkan oleh perusahaan dalam menentukan produk mana yang harus
ditambah atau dikurangi anggarannya adalah :
-
Jumlah product line
-
Banyaknya product mix
-
Jenis produk yang mempunyai
permintaan cukup banyak baik pada saat sekarang maupun saat yang akan datang
-
Jenis produk yang permintaannya
sedikit
Organisasi Pemasaran
Struktur
kegiatan pemasaran yang optimal merupakan aktivitas yang terbaik bagi
perusahaan. Masing-masing perusahaan memiliki struktur yang berbeda-beda karena
mereka berbeda dari segi luas perusahaan maupun kompleksitas pasar yang
dikuasainya.
Pada perusahaan berskala besar, departemen
pemasaran akan membawahi bagian :
-
Periklanan
-
Promosi
-
Produk
-
Penjualan
-
Sistem informasi pemasaran
-
Produk baru
0 comments:
Post a Comment