Gunakan Pencarian Ini

Join disini dulu ya, Like This !!!

×

Powered By Berbagi Ilmu SEO and TUTORIAL BLOGGING

AKAN LEBIH BAIK JIKA ANDA MENDOWNLOAD FILE DALAM BENTUK PDF

Friday 3 May 2013

Rancangan Usaha Makanan Berbahan Dasar Jagung



Rancangan Usaha Makanan Berbahan Dasar Jagung
Oleh : Arifin Oputu
Mahasiswa Farmasi UNG 2012


I.         ANALISIS PEMASARAN

1.        Produk
Dengan melihat peluang pasar kedepan dan juga dengan mengandalkan potensi daerah Gorontalo, maka salah satu produk yang dapat dijadikan sebagai usaha adalah makanan bebahan dasar jagung. Dalam usaha ini akan dikembangkan berbagai produk yang telah ada yang berbahan dasar jagung dengan mengembangkan produk lain dari jagung, adapun produk yang akan dikembangkan ini akan menjadi produk yang menjadi unggulan dari usaha ini berupa cemilan yang dikombinasikan dengan jagung. Usaha dan produk yang akan dikembangkan ini tidak hanya mengutamakan harga, tetapi juga mengutamakan pelayanan dan mutu dari produk yang ditawarkan. Dalam produk yang ditawarkan ini akan diperhatikan nilai-nilai gizi didalamnya dan penggunaan bahan-bahan kimia berupa pengawet, pewarna dan pemberi rasa akan diminimalisir secermat mungkin agar tidak digunakan, karena akan menyebabkan gangguan kesehatan pada konsumen.

2.        Tempat
Untuk usaha yang akan dijalankan tentunya akan di tempatkan pada lokasi yang strategis berupa sebuah bangunan, yang dengan mudah dapat dijangkau oleh konsumen. Tempatnya berupa di pusat perkotaan dan daerah yang dekat dengan jalur transportasi antar kota dan antar daerah seperti dibandara. Sedangkan untuk produk yang ditawarkan selain dipasarkan dalam satu tempat usaha, juga akan didistribusikan ke warung-warung atau supermarket-supermarket yang menjadi mitra kerja.

3.        Harga
Untuk harga dari produk yang ditawarkan, akan diperhatikan persaingan dari harga yang berada dipasaran. Penentuan harga ini dikalkulasikan berdasarkan biaya produksi + keuntungan + dan tarif pajak yang berlaku. Agar dapat dijangkau oleh semua kalangan, maka harga yang ditawarkan akan diturunkan sekitar 5% dari harga yang beredar dipasaran. Hal ini tentunya akan sedikit menarik minat dari para konsumen dan juga dengan tujuan untuk memenangkan harga pasar. Untuk produk yang lebih diunggulkan harga jualnya akan sedikit dinaikan seiring dengan kualitas dari produk itu sendiri dan nilai gizi yang terkandung didalamnya.

4.        Promosi
Untuk mengenalkan usaha dan  produk ini kepada konsumen akan dilakukan promosi. Untuk promosi lewat tulisan akan dilakukan dengan menempel pamflet-pamflet atau baliho di pinggir jalan dan di tempat-tempat strategis yang dapat dilihat oleh orang banyak. Selain itu juga akan dimanfaatkan melalui media cetak yang terbit setiap harinya yakni berupa koran. Selain itu akan dilakukan juga promosi melalui media-media elektronik yakni pada radio dan tv. Tak hanya itu untuk promosi yang berskala nasiaonal atau internasional, akan dipromosikan melalui internet yakni dengan memanfaatkan situs-situs jejaring sosial dan situs e-business yang menawarkan pemasangan iklan secara gratis.



II.            ANALISIS OPERASIONAL

1.        Desain Produk
Dalam usaha ini akan akan dihasilkan produk yang berbahan dasar jagung, tentunya produk yang akan diproduksi ini, untuk mutu dan nilai gizinya akan selalu diperhatikan. Dalam hal rasa, karena berbahan dasar jagung tentunya akan dihasilkan juga rasa yang khas dari jagung. Untuk bentuk dari produk akan disesuaikan dengan minat dari konsumen sehingga dengan mudah dapat diterima. Dalam pendesaianan produk ini, akan diminimalisir secermat mungkin penggunaan bahan tambahan yang dapat menurunkan tingkat kesehatan dan keselamatan dari konsumen.
Produk yang akan ditawarkan pada usaha ini akan didesain sebagus mungkin agar dapat menarik minat dari masyarakat. Pengemasan ini tidak hanya ditujukan untuk mengemas saja, tetapi juga ditujuakan untuk menjaga kualitas dari produk yang ditawarkan. Pada kemasan produk nantinya akan didesain dengan warna dan ciri khas yang tentunya menggambarkan jagung sebagai bahan dasar dari produk dan sebagai potensi daerah gorontalo.

2.        Proses Produksi
Proses produksi untuk produk dalam usaha ini akan dijalankan sesuai proses produksi yang telah ada, mulai dari penyiapan bahan, pembuatan adonan sampai pada proses pengmasan. Kebersihan dari proses produksi mulai dari pemilihan bahan yang berkualitas sampai penggunaan alat yang steril tentunya akan selalu diperhatikan. Untuk menjamin tetap terjaganya nilai kebersihan dan kesehatan pada proses produksi, kami akan bekerja sama dengan lembaga kesehatan yang berperan dalam bidang pengawasan makanan yang dalam hal ini adalah badan POM. Hal ini ditujukan agar supaya adanya jaminan tentang kesehatan dalam produk yang ditawarkan sehingga layak untuk dipasarkan.


III.   ANALISIS PELUANG PASAR DAN PESAING

1.        Analisis SWOT
Ø  Kekuatan
1.        Harga yang ditawarkan jauh lebih murah dari harga produk yang sejenis yang beredar di pasaran.
2.        Dalam proses produksinya, selalu ada pengawasan dari badan POM sehingga layaknya produk ini dipasarkan selalu terjamin kesehatannya.
3.        Mutu dan Kualitas selalu diutamakan.
4.        Berbagai produk yang berbahan dasar jagung tersedia dalam satu tempat.
5.        Tersedia berbagai produk asli daerah Gorontalo yang nantinya dapat dijadikan ole-ole Gorontalo.
6.        Promosi yang dilakukan melalui berbagai media, baik cetak, elektronik dan Internet.

Ø  Kelemahan
1.        Produk yang ditawarkan semuanya hanya berbahan dasar jagung saja.
2.        Sebagian orang tidak selalu memperhatikan mutu dan kualitas suatu produk.
3.        Karena tanpa bahan pengawet, pemanis dan bahan tambahan lainnya maka beberapa kemungkinan yang dapat terjadi pada produk ini seperti tidak dapat bertahan dalam waktu yang lama, mudah ditumbuhi mikroba.

Ø  Peluang
1.        Minat masyarakat terhadap produk olahan jagung semakin meningkat.
2.        Daerah Gorontalo yang sedang berkembang dan dengan potensi jagung yang telah dikenal oleh banyak pihak, tentunya akan sering dikunjungi karena produk-produk olahan jagung.
3.        Promosi melalui Internet dapat meningkatkan konsumen.
4.        Satu-satunya usaha yang menawarkan produk yang seluruhnya berbahan dasar jagung.

Ø  Ancaman
1.        Munculnya pesaing baru dengan usaha dan produk sejenis yang ditawarkan ke konsumen.
2.        Bahan dasar jagung yang harganya tiba-tiba meningkat akan menyebabkan peningkatan pula pada harga jual produk.
3.        Banyaknya produk berbahan dasar jagung yang sering dijual dengan harga standar tanpa memperhatikan jaminan kesehatan.
4.        Konsumen yang mempunyai selera yang berbeda dengan produk yang ditawarkan.

2.        Prospek Usaha
Peluang pasar untuk produk yang berbahan dasar jagung ini sangatlah besar melihat budaya masyarakat yang konsumtif dan peluang pasar yang menjanjikan. Selain itu daya beli komsumen terhadap produk ini cukup bervariasi dari konsumen elite hingga konsumen menegah bawah. Produk ini dapat dikonsumsi oleh semua golongan karena harganya yang relatif terjangkau serta memiliki nilai kepuasan yang tinggi dan memperhatikan mutu dan kualitas dari produk itu sendiri.
Bebagai produk dari usaha ini nantinya akan sangat berguna bagi konsumen-konsumen yang mempunyai selera tersendiri teerhadap produk dari jagung, dimana konsumen dapat menikmati berbagai produk yang bebahan dasar jagung bukan hanya saja konsumen masyarakat gorontalo, tetapi juga bisa jadi mereka yang menyempatkan diri ke gorontalo. Untuk para wisatawan yang datang berkunjung ke gorontalo, produk ini dapat dikemas dalam satu produk ole-ole gorontalo.
Berbagai produk berbahan dasar jagung sudah disediakan dalam satu tempat usaha sehingga dapat memudahkan para konsumen dalam memilih berbagai macam produk yang diinginkan sesuai dengan seleranya masing-masing.

3.        Masalah dan Kendala
Adapun masalah dan kendala yang mungkin dihadapi adalah:
Ø  Masalah
Permasalahan yang saat ini beredar adalah dimana banyak terjadi pelonjakan-pelonjakan harga bahan-bahan pokok secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan peningkatan pada harga jual suatu produk yang ditawarkan. Sehingganya akan terjadi penurunan konsumen untuk produk ini dikarenankan konsumen lebih memilih produk yang harganya lebih murah yang mutu dan kualitasnya dibawah dibanding produk yang memilki mutu dan kualitas tinggi yang harganya lebih mahal. Tak hanya itu, masalah lain yang mungkin dihadapi adalah sulitnya mendapatkan tempat mendirikan bangunan untuk usaha di tempat-tempat yang strategis.

Ø  Kendala
Adapun kendala yang mungkin dihadapi untuk usaha ini adalah kurangnya modal yang cukup untuk meningkatkan produksi dalam skala besar. Juga dalam penyediaan alat-alat canggih yang digunakan untuk produksi harganya tergolong sangat mahal sehingga membutuhkan biaya yang besar untuk hal tersebut.

0 comments:

 

Klik Like Untuk Melanjutkan, Mohon Bantuannya Untuk Menyebarluaskan Artikel Ini

Powered By Riu Etsu Kazuo and Aku Anak Farmasi