Gunakan Pencarian Ini

Join disini dulu ya, Like This !!!

×

Powered By Berbagi Ilmu SEO and TUTORIAL BLOGGING

AKAN LEBIH BAIK JIKA ANDA MENDOWNLOAD FILE DALAM BENTUK PDF

Friday 3 May 2013

Rancangan Usaha Sirup Herbal Jahe


Oleh: Suyadi
Mahasiswa Farmasi UNG 2012
Bagian 1  :
·         Analisis Produk
Di sini saya akan membuat rancangan usaha mengenai “Sirup Herbal” terutama sirup herbal dengan bahan baku Jahe, Adapun alasan saya memilih jahe sebagai bahan baku adalah karena jahe merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak khasiat, menurut berbagai penelitian dan buku pedoman  yang pernah kami baca, selain di gunakan sebagai rempah-rempah secara empiris jahe juga biasa digunakan sebagai obat masuk angin, gangguan pencernaan, sebagai analgesik, antipiretik, anti-inflamasi, dan juga mempunyai aktifitas antiemetik yang dapat mencegah terjadinya mabuk perjalanan serta masih banyak lagi khasiat dan kegunaan jahe lainnya yang membuat saya tertarik untuk menjadikan tanaman ini sebagai bahan baku dalam pembuatan produk saya, alasan saya selanjutnya adalah saya ingin memanfaatkan potensi alam yang ada di sekitar saya, sebagai masyarakat yang tinggal di daerah tropis,maka jahe akan lebih mudah untuk bisa hidup pada daerah ini,sehingga bahan baku yang akan digunakan dalam pembuatan produk saya bisa terus tersedia, adapun alasan saya membuat produk dalam bentuk sediaan sirup adalah karena sirup merupakan jenis produk yang dapat digunakan dan disukai oleh semua kalangan baik itu anak-anak maupu orang dewasa, sehingga produk yang saya buat manfaatnya bisa mencakup semua kalangan, adapun alasan lain yang membuat saya tertarik untuk membuat produk dalam bentuk sirup adalah, karena selama ini saya sering melihat banyak orang yang bosan atau tidak suka dengan produk herbal lainnya seperti jamu.     
·         Analisis Tempat
            Di dalam pembuatan produk saya ini, saya akan membuatnya di sekitar tempat tinggal saya, adapun alasan saya memilih tempat tersebut adalah agar saya bisa melihat dan mengkoordinir langsung bagaimana proses produksinya dari awal pembuatan produk sampai dengan proses akhir pembuatan produk tersebut, sehingga tingkat keamanan dan kemungkinan kesalahan dalam pembuatan produk ini bisa dipastikan, selain itu di desa saya masih banyak tempat dan pekarangan yang masih kosong, sehingga saya dapat menggunakan tempat tersebut untuk menanam jahe, yang akan digunakan untuk membuat produk saya.
            Adapun dalam proses pemasaran saya akan memilih dua tempat yaitu di tempat yang dekat dengan pusat keramaian dan juga di daerah bagian pesisir yang dekat dengan pemukiman para nelayan, alasan saya memilih memasarkan produk saya pada kedua tempat ini adalah, karena pada tempat yang dekat  dengan pusat keramaian saya akan  lebih mudah untuk memperkenalkan produk saya kepada konsumen, sehinngga produk yang saya buat bisa lebih dikenal dan nantinya konsumen akan membeli produk saya, adapun  alasan saya memilih daerah yang dekat dengan pemukiman para nelayan adalah karena salah satu fungsi dari produk saya ini adalah sebagai obat untuk masuk angin, sehingga para nelayan yang akan pergi melaut dapat menggunakan produk saya ini,untuk mencegah masuk angin pada saat melaut.

·         Analisis Harga
            Di dalam menentukan harga saya mematok harga Rp 15.000 /botol, hal ini sesuai dengan perhitungan biaya  yang saya keluarkan, mulai dari  proses produksi sampai dengan proses pemasaran produk saya tersebut ,adapun pengeluaran yang saya lakukan selama proses pembuatan produk saya adalah :
1  Biaya budidaya jahe
a.       Sewa lahan: Rp 800.000,00
b.      Pengadaan bibit jahe:Rp 100.000,00
c.       Perawatan dan peyiraman selama 6 bulan: Rp 300.000,00
d.      Biaya pemasangan pagar pembatas :Rp 100.000,00
Total :Rp 1.300.000,00
               2   Biaya pembelian alat
a.       Kompor minyak tanah 2 buah :Rp 200.000,00
b.      Baskom besar 4 buah  :Rp 200.000,00
c.       Parutan 5 buah :Rp 100.000,00
d.      Belangan besar :Rp 200.000,00
e.       Celemek 6 buah : Rp 200.000,00
Total: Rp1.200.000,00
3    Biaya pembelian bahan
a.       Gula pasir selama 6 bulan 40 kg :Rp 480.000,00
b.      Esens rasa buah : Rp 200.000,00
c.       Natrium benzoate :Rp 200.000,00
d.      Penguat rasa :Rp 100.000,00
e.       Sirup glukosa :Rp 200.000,00
Total: Rp 1.180.000,00
4     Biaya pembuatan kemasan selam 6 bulan
a.       Botol untuk menyimpan produk: Rp 1.500.000,00
b.      Stiker kemasan :Rp 500.000,00
Total :Rp 2.000.000,00
               5     Biaya pembelian bahan bakar selama 6 bulan
a.       Minyak tanah :Rp 400.000,00
               6     Biaya transport dan komunikasi: Rp 400.000,00

              Biaya Total
1.      Biaya budi daya jahe :Rp 1.300.000,00
2.      Biaya pembelian alat :Rp 900.000,00
3.      Biaya pembelian bahan :Rp 1.180.000,00
4.      Biaya pembuatan kemasan : Rp 2.000.000,00
5.      Biaya pembelian bahan bakar : Rp 400.000,00
6.      Biaya transport dan komunikasi :Rp 400.000,00
Jumlah : Rp 4.380.000,00

              Perkiraan Hasil Penjualan Permen
              Bulan 1
a.     Gula pasir 8 kg :Rp 96.000,00
b. Sirup glukosa :Rp 40.000,00
c.     Natrium Benzoat : Rp 30.000,00
d.       Esens buah :Rp 30.000,00
e.     Penguat rasa :Rp 40.000,00
f.     Bahan lain : Rp 30.000,00
Jumlah Rp 266.000,00
             Pendapatan yang diperoleh bulan 1(30 botol sirup):
             30 botol sirup × Rp 15.000,00 =Rp 450.000,00
             Keuntungan bulan 1= Hasil pendapatan- modal 1
                                                 =Rp 450.000,00- Rp266.000,00
                                                 =Rp 184.000,00
            Untuk pendapatan bulan 2 sampai bulan 6 akan memperoleh jumlah yang sama dengan bulan 1, jika usaha ini suda berjalan,benar-benar bis di terima masyarakat, jumlah produksinya besar, dan dengan berbagai inovasi baru, maka tidak menutup kemungkinan usaha ini akan menghasilkan laba yang sangat besar.                  
·         Promosi
Mengenai promosi atau pengenalan produk, di sini kami lebih menggunakan metode untuk langsung bersosisalisasi dengan masyarakat, sehingga masyarakat sebagai konsumen, bisa mengenal keunggulan dan juga khasiat dari produk kami,selain itu kami juga akan membuat stiker untuk promosi sehingga masyarakat yang jauh dari pusat keramaian juga bisa mendapatkan informasi mengenai produk kami.

Bagian 2:
·         Analisis Operasional
Untuk menekan biaya produksi yang digunakan maka saya, memilih keluarga, dan orang-orang terdekat saya untuk membantu bekerja mengembangkan usaha saya, sehingga dalam proses produksi dan pemasaran produk ini,saya tidak akan mengalami banyak kesulitan, adapun mengenai operasional dan  pemasaran hasil produksi kami, kami akan memasarkannya deengan cara menitipkannya di warung dan toko-toko didaerah saya, tepatnya di Daerah Kabupaten Buol, Sulawesi tengah.

·         Desain Produk
Untuk lebih menarik dan memikat minat konsumen untuk membeli produk saya, maka selain dengan harga produk yang dapat di jangkau oleh semua kalangan masyarakat, saya juga berusaha untuk melakukan  inovasi dengan cara membuat produk dengan berbagai ukuran, seperti produk dengan isi 300mL, 600 mL, 1000 mL,dan juga 1200 mL, dan juga saya akan membuat stiker untuk kemesan produk saya sehingga dapat menarik perhatian dari konsumen, dan apabila produk saya ini sudah berkembang dengan baik, maka saya juga akan membuat berbagai produk olahan lainnya yang berasal dari jahe, seperti selai jahe, manisan jahe, permen jahe dan juga dodol jahe.

·         Proses produksi
Adapun proses pembuatan/produksi produk kami ini adalah:
1.      Menyiapkan alat dan bahan
2.      Mencuci tanaman jahe sampai benar-benar bersih
3.      Memarut jahe tersebut sampai halus
4.      Mengambil ekstrak jahe,dan menyaringnya
5.      Kemudian memasukkan sari buah jahe tersebut kedalam baskom
6.      Setelah itu kita memasak gula, air dan jahe
7.      Kemudian menambahkan essence dan natrium benzoate  
8.      Kemudian di masak hingga mendidih

Bagian 3:
·         Analisis peluang pasar dan pesaing
Didalam dunia usaha kita pasti tidak akan terlepas dari yang namanya persaingan, oleh karena itu untuk dapat mensiasati hal tersebut, maka sebagai seorang wirausaha kita harus pandai membaca peluang pasar yang ada,dengan cara mengetahui keinginan konsumen, hal yang paling penting adalah sebagai seorang wirausahawan kita harus mampu, mengetahui apa keunggulan dan kelemahan dari produk kita, sebab dengan mengetahui keunggulan dan kelemahan produk kita,maka secara otomatis kita akan mampu untuk mencari solusi, agar bagaimana usaha kita bisa bertahan dan tidak sampai gulung tikar, contohnya adalah apabila kekurangan dari produk saya ini adalah pada bagian pemasaran,maka saya harus memiliki sesuatu yang akan membuat konsumen tertarik seperti pada khasiatnya, pelayanan konsumen, dan hal-hal lainnya yang bisa membuat konsumen senang dengan produk kita.
                                                                                    
·         Prospek Usaha
            Dilihat dari segi ekonomis,usaha pembuatan sirup herbal dari jahe ini memiliki prospek usaha yang sangat besar dan menjanjikan, karena produk ini tidak hanya menjadi produk sirup seperti yang biasa ada dipasaran namun produk ini menawarkan suatu inovasi produk yang lain dari pada yang lain, selain sebagai sirup produk ini jga bermanfaat sebagai obat herbal, yang memiliki banyak khasiat dan kegunaan nutuk kesehatan.
            Adapun alasan lain yang membuat kami menyatakan bahwa prospek usaha ini sangat menjanjikan karena, masih terbatasnya produk serupa sehingga dapat memperkecil persaingan usaha.

·         Masalah dan kendala yang mungkin dihadapi
Adapun masalah dan kendala yang mungkin akan kami hadapi adalah,kurang optimalnya sistem pemasaran, kurang diminatinya produk kami di masyarakat, minimnya dana untuk modal usaha dan juga selera konsumen yang selalu berubah, oleh karena itu cara yang akan kami lakukan sebagai seorang calon wiraushawan adalah kami akan memperbaiki sistem produksi produk kami, dan juga kami akan membuat produk-produk olahan lain dengan bahan baku jahe,seperti selei jahe, manisan jahe, serbuk jahe, permen jahe, serta produk olahan jahe lainnya yang bisa lebih diterima oleh masyarakat dan yang terpenting adalah kami akan memperbaiki sistem pemasaran produk kami.

0 comments:

 

Klik Like Untuk Melanjutkan, Mohon Bantuannya Untuk Menyebarluaskan Artikel Ini

Powered By Riu Etsu Kazuo and Aku Anak Farmasi