1.
Konsep Pemasaran
Falsafah konsep pemasaran bertujuan memberikan
kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan pembeli/konsumen.Seluruh kegiatan
dalam perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan untuk memenuhi
tujuan tersebut.Meskipun orientasi pembeli ini dibatasi oleh
tujuan laba dan pertumbuhan, tetapi konsep itu perlu dilaksanakan. Karena dapat meningkatkan penjualandengan :
·
Membuat
barang yang mudah penggunaannya
·
Mudah
pembeliaannya
·
Mudah
pemeliharaannya
Penggunaan
konsep pemasaran bagi sebuah perusahaan dapat menunjang berhasilnya bisnis yang
dilakukan. Konsep pemasaran disusun dengan memasukkan tiga elemen pokok, yaitu :
·
Orientasi
konsumen / pasar / pembeli
·
Volume
penjualan yang menguntungkan
·
Koordinasi
dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan.
Pada
dasarnya, perusahaan yang ingin mempraktekkan orientasi konsumen ini harus :
a. Menentukan kebutuhan pokok dari
pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi
b.
Memilih kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran dalam
penjualannya
c. Menentukan produk dan program
pemasarannya
d. Mengadakan penelitian pada
konsumen, untuk mengukur, menilai, dan menafsirkan keinginan, sikap, serta
tingkah laku mereka
e. Menentukan dan melaksanakan
strategi yang paling baik, apakah menitik beratkan pada mutu yang tinggi, harga
yang murah atau model yang menarik.
Jadi, secara definitif dapat dikatakan bahwa Konsep pemasaran adalah :
Sebuah falsafah bisnis
yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan
sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.
2.
Sistem
Pemasaran
Dalam sistem pemasaran terdapat beberapa faktor yang
saling tergantung dan saling berinteraksi satu sama lain. Faktor-faktor tersebut adalah :
·
Organisasi
yang melakukan tugas-tugas pemasaran
·
Sesuatu (barang, jasa, ide, orang) yang sedang dipasarkan
·
Pasar
yang dituju
·
Para perantara yang membantu dalam pertukaran (arus)
antara organisasi pemasaran dan pasarnya. Antara lain pengecer, pedagang besar,
agen pengangkutan, dan lain-lain
·
Faktor-faktor lingkungan seperti faktor demografi,
kondisi perekonomian, faktor sosial dan kebudayaan, teknologi dan persaingan.
Dari kelima faktor tersebut maka Sistem Pemasaran dapat didefinisikan sebagai :
Kumpulan lembaga-lembaga
yang melakukan tugas pemasaran, barang, jasa, ide, orang dan faktor-faktor
lingkungan yang saling memberikan pengaruh, dan membentuk serta mempengaruhi
hubungan perusahaan dengan pasarnya.
3.
Peranan
Pemasaran
Pemasaran merupakan proses sosial dan manajerial sehingga
konsumen dapat memperoleh kebutuhan / keinginan mereka melalui permintaan,
penawaran, dan penukaran nilai suatu produk antara penjual dan pembeli.
·
Kebutuhan : segala
kebutuhan dasar manusia baik intuk minum, makan, pakaian, pendidikan dan
lainnya
·
Keinginan : Merupakan
kondisi lebih khusus dari kebutuhan, misalnya minuman ringan, makanan bergizi,
pendidikan tinggi, atau lainnya
·
Permintaan : akumulasi
kebutuhan/keinginan yang potensial untuk digarap, misalnya, makanan, perumahan,
pendidikan dan lainnya.
Beberapa istilah yang penting dalam konteks pemasaran
adalah :
1.
Produk (barang, jasa, ide) :
Segala hasil kerja
manusia yang dapat ditawarkan kepada manusia lainnya baik berupa barang, jasa
atau ide.
2.
Nilai :
Perkiraan konsumen
atas suatu produk untuk kepuasan mereka, apa yang dirasakan / diinginkan
3.
Biaya :
Harga
yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi
4.
Kepuasan :
Seberapa puas
konsumen atas produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara harapan dan
kenyataan,
5.
Pasar :
Tempat yang berisi
semua pelanggan potensial yang berniat untuk transaksi terhadap suatu produk.
Perkembangan konsep pemasaran :
1.
Konsep
produksi : jumlah banyak dengan harga murah
2.
Konsep produk : kualitas,
kinerja dan inovasi yang dicari konsumen
3.
Konsep penjualan : harus ada
aktivitas penjualan dan promosi agar dikenal konsumen (laba dari volume
penjualan)
4. Konsep
pemasaran :
harus ada aktivitas pemasaran yang terpadu (laba dari kepuasan pelanggan)
5.
Konsep
pemasaran beroriemtasi pada masyarakat : turut memperhatikan kesejahteraan
masyarakat sekitar
0 comments:
Post a Comment