Sebagaimana kita ketahui bahwa kegiatan
pemasaran adalah berbeda dengan penjualan, transaksi ataupun perdagangan.
American Marketing Association, mengartikan pemasaran sebagai berikut:
Pemasaran adalah pelaksanaan dunia usaha yang mengaarahkan arus barang-barang
dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai. Defenisi ini hanya
menekankan aspek distribusi ketimbang kegiatan pemasaran. Sedangkan
fungsi-fungsi lain tidak diperlihatkan, sehingga kita tidak memperoleh gambaran
yang jelas dan lengkap tentang pemasaran.
Sedangkan definisi lain, dikemukakan oleh
Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management Analysis, Planning, and
Control, mengartikan pemasaran secara lebih luas, yaitu: Pemasaran adalah:
Suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka
butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan
nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
2. DEFINISI PEMASARAN
Definisi Pemasaran menurut William J. Stanton adalah
suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan
jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli
potensial.
Definisi lainnya,
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya
individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan
menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak
lain.
Dengan pemasaran perusahaan
berusaha menghasilkan laba dari penjualan barang dan jasa yang diciptakan untuk
memenuhi kebutuhan pembeli. Disinilah peran manajer pemasaran dibutuhkan,
dimana tugas dari manajer
pemasaran adalah memilih dan melaksanakan kegiatan pemasaran yang dapat
membantu dalam pencapaian tujuan organisasi.
3.
MANAJEMEN PEMASARAN
Pada dasarnya manajemen itu terdiri atas perancangan dan
pelaksanaan rencana-rencana. Dalam membuat suatu perencanaan, dibutuhkan
kemampuan untuk membuat strategi dan rencana. Untuk rencana jangka panjang maka
dibutuhkan waktu yang lebih banyak. Sedangkan untuk pelaksanaan rencana
tersebut, dia harus mendelegasikan keputusan-keputusannya yang rutin dilakukan
setiap hari kepada para bawahan.
Secara umum manajemen
mempunyai tiga tugas pokok, yaitu :
1.
Mempersiapkan
rencana/strategi umum bagi perusahaan
2.
Melaksanakan
rencana tersebut
3.
Mengadakan
evaluasi, menganalisa dan mengawasi rencana tersebut dalam pelaksanaannya. (untuk mengukur hasil dan penyimpangannya serta untuk mengendalikan
aktivitas).
Sehingga yang dimaksud dengan manajemen
pemasaran, menurut Philip Kotler adalah : Penganalisaan, perencanaan,
pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan
pertukaran dengan pasar yang dituju untuk mencapai tujuan organisasi.
Untuk membuat suatu rencana, fungsi penganalisaan sangat penting agar rencana yang
dibuat dapat lebih matang dan tepat.Penerapan merupakan kegiatan untuk menjalankan
rencana.Fungsi pengawasan adalah untuk mengendalikan segala
macam aktivitas agar tidak terjadi penyimpangan.
0 comments:
Post a Comment